Pengantar Tentang Nanoteknologi

 

 

Nanosains adalah studi tentang fenomena dan manipulasi materi pada skala nanometer (0,1 sampai 100 nm), sedangkan nanoteknologi adalah desain, karakterisasi, produksi dan penerapan struktur, perangkat dan sistem melalui pengendalian ukuran dan bentuk nano. Istilah yang biasa digunakan nanoteknologi untuk mengacu pada kedua disiplin ilmu.

Sebuah nanometer adalah satuan panjang yang setara dengan sepersejuta meter (1×10-9m). Pada skala ini, sifat fisik, kimia dan / atau biologi dari bahan, benda, sistem, dan sebagainya, berbeda secara mendasar dari sifat mikro / makroskopis ukuran yang sama, sehingga penelitian dan pengembangan nanoteknologi ditujukan untuk memahami dan menciptakan perbaikan. bahan, perangkat dan sistem yang memanfaatkan properti baru ini. Dalam hal ini, nanoteknologi menjanjikan pemahaman yang lebih baik tentang sifat dan kehidupan itu sendiri, di mana ukuran dan bentuknya penting.

Pada gilirannya, fisika, kimia, ilmu material, simulasi dan teknik komputer, bertemu dengan prinsip-prinsip dan teknik yang sama, memungkinkan kemajuan teknologi yang luar biasa untuk inisiatif sinergi dan lintas disiplin yang dilakukan oleh berbagai sektor dan negara.

Secara umum, para ahli di dunia sepakat bahwa nanoteknologi memiliki potensi untuk mengembangkan alat untuk pembuatan dan prosedur dan bahkan pengaruh dokter yang belum pernah terjadi sebelumnya pada masyarakat dan hubungan internasional. Karena itu, hal itu dianggap sebagai mega trend dan teknologi yang mengganggu. Dengan demikian, nanoteknologi berjanji untuk meningkatkan efisiensi di industri dan mengembangkan aplikasi baru radikal tradisional melalui teknologi baru. Internet, hingga saat ini disebut sebagai revolusi generasi penerus berbeda dengan fenomena baru ini.

Ada banyak daerah di mana nanoteknologi memiliki aplikasi potensial. Kemajuannya akan mempengaruhi berbagai industri seperti kosmetik, farmasi, peralatan rumah tangga, staf perawatan, bangunan, komunikasi, industri keamanan dan pertahanan, otomotif dan kedirgantaraan, antara lain. Lingkungan juga akan menguntungkan, sementara produksi energi akan lebih murah dan lebih bersih dan bahan yang lebih ramah lingkungan digunakan.

Pasar kini tersedia aplikasi alam ini. Misalnya, bahan berstrukturnano sudah digunakan pada produk seperti bola tenis, golf atau bowling (cara untuk mengurangi jumlah belokan yang sama), dalam pembuatan ban performa tinggi, dalam pembuatan kain dengan sifat anti blemish atau keriput, kosmetik, obat-obatan dan perawatan terapeutik baru, filtrasi membran dalam air berstruktur nano dan pemulihan lingkungan; dalam meningkatkan proses produksi melalui pengenalan bahan yang lebih awet dan efisien (baik industri maupun agroindustri) dalam desain bahan baru untuk digunakan di industri elektronika, aeronautika dan hampir semua transportasi.

Saat ini nanosains dan nanoteknologi masih dalam tahap awal penelitian dan pengembangan, di mana penelitian dan sebagian besar investasi diarahkan untuk memahami fenomena skala nano, memproses dan menciptakan bahan baru atau struktur nano. Tren teknologi terhadap tahun 2020 di dunia, menunjukkan transisi dari Nanomaterials ke nanosystems, melalui pembangunan sistem nano yang memerlukan penggunaan gabungan hukum nano, prinsip biologis, teknologi informasi dan integrasi sistem.

Inovasi berbasis nanoteknologi akan menjawab sejumlah besar masalah dan kebutuhan masyarakat saat ini dan memberikan tantangan besar bagi kegiatan industri dan ekonomi di masa depan di mana, seringkali dan dianggap sebagai mesin revolusi industri berikutnya. Di antara berbagai kemungkinan ini dan setelah menjalankan penyebaran posisi awal, adalah melanggar hukum pertanyaan tentang area di mana ia memusatkan pengetahuan kita pada taruhan dan tantangan kita terhadap risiko yang diasumsikan, pada harapan pengembangan dan implementasi.

Berikut ini berbicara secara rinci tentang asal-usul nanoteknologi sejak asal, klasifikasi, bahan dan juga aplikasinya di berbagai industri dengan maksud untuk memahami secara komprehensif wilayah penelitian nanoteknologi dan untuk menghitung kepentingan vitalnya di masyarakat.


Leave a Reply